Senin, 10 Agustus 2020

Eling, aspek terdalam dari kehidupan batin orang Jawa

Mistisisme dapat dikatakan menyerap kehidupan Jawa dan akibatnya kosa kata. Kata Jawa tertentu sulit dipahami bagi kita dalam segala nuansa makna mereka. Salah satunya adalah "budaya". Lain adalah "jiwa," yang mungkin berarti hidup, tetapi juga antusiasme, semangat, nurani, pikiran, perasaan, mentalitas, esensi, dan implikasinya.

Eling adalah salah satu dari istilah-istilah ini sering digunakan yang menentang penerjemahan. Kata hanya dapat dipahami dengan melihat konteksnya. Jawa akan memahaminya secara intuitif. Ini mungkin berarti "salah satu kekuatan yang jiwanya itu", "nilai etis", atau "tingkat kedalaman dalam kesadaran religius".

Eling sebagai salah satu kekuasaan jiwanya itu

Pada dasarnya eling artinya "ingat." Dengan mengacu pada kekuasaan jiwanya kata mencakup segala sesuatu yang pernah dialami secara fisik maupun spiritual. Di samping fakultas dari jiwanya penglihatan, pendengaran, berbicara, dan berpikir, eling menghubungkan pengalaman sebelumnya dengan apa yang sedang dialami saat ini, membuat satu menyadari bahwa pengalaman pribadi adalah proses yang berkelanjutan. Memori mendasari semua identitas pribadi. Tidak hanya itu, itu berarti sadar akan konsekuensi dari tindakan kita dan tanggung jawab pribadi kita. Oleh karena itu, eling dalam arti dasarnya adalah penting untuk konsep kesadaran diri, dianggap penting dalam filsafat Jawa.

Arti lain dari "eling" adalah kembali ke kesadaran setelah pingsan.

Wassalam .... Om ...  swastiastu 

Kunjungi : rajapeletpengasih.blogspot.com

Email : chenguang73@yahoo.com

Telp : 081 7319917